10 Hal Yang Sia-sia

بسم الله الرحمن الرحيم

Faedah: 10 Hal yang Sia-sia

Man jadda wajada…[1]

Semboyan ini sering kita dapatkan di banyak tulisan motivasi. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan (apa yang diusahakan). Dan yang semisal dengannya adalah perkataan mereka Man zaro’a hashoda [2]   yakni  “Siapa yang bercocok tanam maka dialah yang memanen dan menuai hasilnya“. Namun jauh lebih indah dari itu semua apa yang telah disabdakan oleh RasulullohJ  :

(( اِحْرِصْ عَلى مَا يَنْفَعُكَ وَ اسْتَعِنْ بِاللهِ وَ لَا تَعْجَزْ ))

“ Besungguh-sungguhlah dalam melakukan hal-hal yang bermanfaat bagimu, dan mintalah pertolongan kepada Allah, dan janganlah engkau lemah ..”  

Dikeluarkan oleh Imam Muslim 2/no 2664, dan yang lainnya.

Seorang mukmin telah diperintahkan untuk melakukan dan mengusahakan hal-hal yang bermanfaat baginya di dunia dan akhirat. Hidupnya penuh dengan makna, dihiasi dengan ketaatan. Lembaran hayatnya indah, jauh dari kata kesia-siaan.

Namun, di tengah perjalanannya yang cukup panjang untuk menapaktilas jalan istiqomah, rintangan syubhat dan syahwat senantiasa mengitari setiap langkahnya dari seluruh penjuru. Hakikat ini menuntutnya untuk berhati-hati dan selalu awas agar ia tidak lalai apalagi terjatuh dalam hal yang sia-sia.

Ada 10 hal yang sia-sia dan sangat tidak bermanfaat bagi pelakunya:

  1. Ilmu yang tidak diamalkan.
  2. Amalan yang tidak ada keikhlasan di dalamnya dan tidak ada panutannya.
  3. Harta yang tidak diinfakkan, sehingga tidak dinikmati oleh orang yang mengumpulkannya di dunia dan tidak juga ia persembahkan untuk akhiratnya.
  4. Hati yang kosong dari kecintaan kepada Allah, dan kosong dari kerinduan untuk berjumpa dengannya, dan kosong dari ketenangan dan kebahagiaan di sisinya.
  5. Badan yang terlantar dan berhenti dari ketaatan dan pengabdian kepada Allah.
  6. Kecintaan yang tidak terikat dan terbelenggu dengan keridhoan yang dicinta, serta kepatuhan terhadap perintah-perintahnya.
  7. Waktu yang terbuang dan terlantarkan, semestinya untuk mengejar ketinggalan dan menutup kekurangan, atau untuk menumpuk dan meraih kebaikan serta bertaqorrub kepada Allah. Namun waktu itu terbuang sia-sia.
  8. Pikiran yang berputar untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.
  9. Memberikan pengabdian atau pertolongan kepada orang yang pengabdiannya kepada Allah tidak menjadikanmu dekat dengan Allah, dan pertolonganmu tidak mendatangkan maslahat bagimu.
  10. Rasa takut dan harapmu kepada orang yang ubun-ubunya di tangan Allah dan dia adalah tawanan di dalam genggamannya, tidak memiliki mudhorot dan manfaat untuk dirinya, tidak juga dia yang memiliki kehidupan, kematian dan juga kebangkitan.

Dan yang paling dahsyat dari kesemua poin di atas adalah dua, dan keduanya merupakan akar dan pokok dari semua poin yang lain. Kedua poin itu adalah membuang dan menyia-nyiakan waktu dan hati.

Menyia-nyiakan hati sehingga lebih mengutamakan dunia daripada akhirat, sedangkan menyia-nyiakan waktu dengan panjang angan-angan. Karena semua kerusakan terkumpul pada mengikuti hawa nafsu dan panjangnya angan-angan, sedangkan kebaikan terkumpul pada mengikuti petunjuk  dan bersiap-siap untuk berjumpa dengan Allah.[3]

Semoga Allah memberikan taufiknya kepada penulis dan siapa saja yang membaca torehan ini, untuk selalu mengusahakan hal-hal yang bermanfaat untuk dirinya di dunia dan akhirat.

Amiin ya Robb.

Fathul Bari Lomboki

Selasa 21 Jumadil awwal 1434H.

Jakarta –Klender.


[1] من جدّ وجد

[2]  من زرع حصد

[3] Kami ringkas dan alihbahasakan dari penjelasan Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah dalam kitab beliau  “ Al-Fawaid “ hal 46.

One thought on “10 Hal Yang Sia-sia

  1. […] beliau memerintahkan untuk bersungguh-sungguh (baca: https://bahasilmu.wordpress.com/2013/04/23/10-hal-yang-sia-sia/) dalam melakukan amalan yang […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s