Hukum Emas Putih Bagi Laki-laki

بسم الله الرحمن الحيم

Hukum Menggunakan Emas Putih

 

Menggunakan perhiasan emas dalam syariat islam hanya boleh untuk kaum wanita saja, adapun bagi lelaki haram. Dalilnya dari Abu Hurairoh رضي الله عنه , dari  Rasululloh صلى الله عليه و سلم :

(( أنّه نهى عن خاتم الذهب ))

“Bahwasanya beliau melarang menggunakan cincin emas”

Dalam riwayat yang lain dari Abdulloh bin Abbas رضي الله عنه bahwasanya Rasululloh صلى الله عليه و سلم melihat cincin emas di tangan seorang pria, maka beliau mencabutnya dan membuangnya, dan beliau bersabda:

(( يعمد أحدكم إلى جمرة من نار فيجعلها في يده ))

“Salah seorang dari kalian sengaja mengambil bara api dan dipakaikan di tangannya”.

Hadis ini dikeluarkan oleh Imam Muslim II / no 2089 dan 2090, 2066, dan semisal dengannya dikeluarkan oleh Imam Al-Bukhori no 1239.

Banyak yang bertanya tentang hukum emas putih, boleh atau tidak untuk perhiasan laki-laki?

Sebelum membahas masalah ini, kita hadirkan beberapa mukadimah penting:

1)      Emas murni hukumnya haram dengan teks hadis di atas.

2)      Emas merupakan elemen kimia dengan nomor atom (79) dengan symbol (Au) bobot atomnya (196,9665). Berasal dari bahasa latin Aurum yang artinya bersinar terang.

Emas murni berwarna kuning mengkilat, sering disebut fine gold. Emas murni lebih lembut dibanding perak namun, lebih keras dari timah nilai tingkat kekerasan (Vickers hardness*1) emas merupakan yang terkecil diantara logam golongan PGMs.

Untuk alasan inilah, jarang sekali ditemukan emas murni yang dijadikan perhiasan, alasannya simpel karena sangat lembut.

Penambahan logam-logam lain ke dalam emas murni bertujuan untuk meningkatkan tingkat kekerasan emas. Logam yang dipilih tentunya yang tidak akan mengubah kilau emas secara dramatis dan tentunya tidak membuat emas menjadi rapuh. Sebagai contoh, jika emas murni dicampur dengan logam indium, warna emas berubah menjadi ke-ungu-an dan mengubah sifat kekerasan bahan emas layaknya gelas. Sedikit tekanan, maka emas akan pecah layaknya sebuah gelas.

Tingkat kemurnian emas, disebut Karat. Nilai tertinggi untuk karat adalah 24. Sebagai contoh:
– 24 Karat Emas merupakan 24/24 emas, atau 100% Emas murni.
– 18 Karat Emas merupakan 18/24 emas, atau 75% Emas dan 25% logam campuran lain
– 14 Karat Emas merupakan 14/24 emas, atau 58.33% Emas dan 41.67% logam lain.

Untuk membuat sebuah perhiasan, harus ada keseimbangan antara emas murni dan logam campurannya. Karena alasan teknik pembuatan dan keindahan, emas 18 karat lah yang paling banyak beredar di pasaran.
Sekarang, ayo kita bahas logam campuran dalam emas.
Ada beberapa logam yang lazim ditambahkan ke emas murni.

  1. Tembaga (copper),
  2. Perak (Ag),
  3. Zinc (tetap menggunakan istilah inggrisnya, sebab Seng atau besi bukan terjemahan yang tepat),
  4. Nikel,
  5. dan palladium.

Penambahan logam lain ke dalam emas murni akan mengubah warna dan kilauan emas.
– Emas murni dicampur tembaga akan menghasilkan efek visual warna merah.
– Emas murni dicampur perak akan menghasilkan efek visual warna hijau.
Emas murni dicampur nikel akan menghasilkan efek visual warna putih.
Emas murni dicampur palladium akan menghasilkan efek visual warna putih (juga).

(sumber: http://munajewellery.multiply.com/journal/item/5 dan http://cikubembem.blogspot.com/2005/11/emas-putih-bukan-platina.html dan http://hapehatelo.blogspot.com/2011/11/perbedaan-emas-kuning-dan-emas-putih.html#ixzz2DEJWZfbw ).

Emas adalah unsur kimia dlm tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: ‘aurum’) dan nomor atom 79. Sebuah logam transisi (trivalen dan univalen) yang lembek, mengkilap, kuning, berat, “malleable”, dan “ductile”. Emas tidak bereaksi dengan zat kimia lainnya tapi terserang oleh klorinfluorin dan aqua regia. Logam ini banyak terdapat di nugget emas atau serbuk di bebatuan dan di deposit alluvial dan salah satu logam coinageKode ISOnya adalah XAU. Emas melebur dalam bentuk cair pada suhu sekitar 1000 derajat celcius.

Emas merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa, kekerasannya berkisar antara 2,5 – 3 (skala Mohs), serta berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya. Mineral pembawa emas biasanya berasosiasi dengan mineral ikutan (gangue minerals). Mineral ikutan tersebut umumnya kuarsakarbonatturmalinflourpar, dan sejumlah kecil mineral non logam. Mineral pembawa emas juga berasosiasi dengan endapan sulfida yang telah teroksidasi. Mineral pembawa emas terdiri dari emas nativ, elektrum, emas telurida, sejumlah paduan dan senyawa emas dengan unsur-unsur belerang, antimon, dan selenium. Elektrum sebenarnya jenis lain dari emas nativ, hanya kandungan perak di dalamnya >20%.

Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan. Beberapa endapan terbentuk karena proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal, sedangkan pengkonsentrasian secara mekanis menghasilkan endapan letakan (placer). Genesa emas dikatagorikan menjadi dua yaitu:

  • Endapan primer; dan
  • Endapan plaser.

(sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Emas).

3)      Platina adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pt dan nomor atom 78. Sebuah logam transisi yang berat, “malleable”, “ductile”, berharga, berwarna putih-keabuan. Platinum tahan karat dan terdapat dalam beberapa bijih nikel dan copper. Platinum digunakan dalam perhiasan, peralatan laboratorium, gigi, dan peralatan kontrol emisi mobil.

( sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Platina ).

4)      Emas putih merupakan campuran antara emas murni dan logam yang lain, seperti nikel, zinc atau palladium.

5)      Emas putih bukan platina, meskipun dalam KBBI diartikan seperti itu, karena platina logam sendiri yang lebih berat dan mahal dari emas.

Kesimpulan: yang menjadi ‘ibroh adalah hakikat sesuatu, bukan penamaannya.

²  Emas putih yang beredar di dunia perhiasan adalah emas murni yang dicampur dengan nikel atau palladium atau zinc sehingga menghasilkan warna putih. Dan ini hukumnya haram karena emas putih adalah emas murni yang dicampur dengan logam lain bukan platina seperti anggapan yang beredar. Menurut sebagian sumber, itu hanya di Indonesia saja.

²  Adapun perhiasan dari platinum insya’alloh boleh karena yang diharamkan untuk kaum lelaki hanya emas. Perak dan logam yang lain boleh, sebagaimana Rasululloh J membuat cincin dari perak.

Wallohu A’lam.

Fathul Bari,

Jakarta, Klender.

Ahad, menjelang Maghrib 11 Muharrom 1433H.

25 November 2012M.

2 thoughts on “Hukum Emas Putih Bagi Laki-laki

  1. setallawliet mengatakan:

    trims infonya… brmanfaat sekali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s